Rabu, 16 Mei 2012

Ubi Hutan (Dioscorea hispida Dennst.)


Ubi Hutan (Dioscorea hispida Dennst.)
Indonesia: Ubi Gadung; Muna: Kolope; Wolio (Buton): Ondo; Sumba Timur: Iwi
1.    Klasifikasi Ilmiah Ubi Hutan
Kingdom    : Plantae
Divisi          : Magnoliophyta
Kelas          : Liliopsida
Ordo           : Dioscoreales
Famili         : Dioscoreaceae
Genus         : Dioscorea
Spesies        : D. hispida (Anonim, 2011)

2.  Morfologi Ubi Hutan
 
Gambar 1. Morfologi Daun dan Batang
Ubi hutan berbatang merambat dan memanjat, panjangnya mencapai 5–20 m. Arah rambatannya selalu berputar ke kiri (melawan arah jarum jam, jika dilihat dari atas). Ciri khas ini penting untuk membedakannya dari gembili (D. aculeata) yang memiliki penampilan mirip namun batangnya berputar ke kanan. Batangnya kurus ramping, setebal 0,5–1 cm, ditumbuhi duri atau tidak, hijau keabu-abuan. Daun-daunnya terletak berseling, dengan tiga anak daun menjari, bentuk bundar telur atau bundar telur sungsang, tipis seperti kertas. Bunga jantan terkumpul dalam tandan di ketiak daun, bunga betina majemuk berbentuk bulir (Anonim, 2011). 

 
Gambar 2. Morfologi Umbi
Ubi hutan berbentuk bulat panjang dengan sisi yang hampir sejajar atau melebar terhadap puncak, luasnya semakin menyempit di sekeliling alas.  Umbi yang sudah masak berwarna coklat atau kuning kecoklatan, berbulu halus dengan panjang 5-6 cm. Tebal satu gerombol umbi berkisar 7-15 cm dan diameter 15-25 cm, dengan serabut umbi yang sangat tajam (Fajriyati, 2012). 
Warga masyarakat di Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Manggarai Barat, Flores Nusa Tenggara Timur mengkonsumsi ubi hutan saat krisis pangan melanda daerah tersebut (Pos Kupang, 2010; Pahun, 2011). Penduduk benua Asia memanfaatkan umbi mentahnya yang mengandung alkaloid sebagai bahan untuk racun binatang dan juga sebagai obat luka di. Bahan sisa pengolahan tepungnya dapat digunakan sebagai insektisida. Bunganya yang berwarna kuning sangat harum digunakan untuk mewangikan pakaian dan dapat pula dipakai sebagai hiasan rambut (Deptan, 2012).

1.    Kandungan Kimia Ubi Hutan
Ubi hutan mengandung karbohidrat, lemak, serat kasar, dan abu lebih rendah dibandingkan dengan ketela pohon. Kandungan air dan protein ubi hutan lebih tinggi dibandingkan ketela pohon. Ubi hutan mengandung fosfor sebanyak 0,09%, kalsium (CaO) 0,07% dan besi 0,003%. Komposisi kimia umbi gadung dapat dilihat pada Tabel 1.
Tabel 1.  Komposisi Kima Ubi Gadung (Fajriyati, 2012)
Komponen
Komposisi (%)
Air
Karbohidrat
Lemak
Protein
Serat kasar
Kadar abu
Diosgenin
Dioscorin
78
18
0,16
1,81
0,93
0,69
0,20-0,70(db)
0,044(db)
 
Umbi gadung mengandung alkaloid dioscorin (C13H19O2N) yang bersifat racun dan dioscorin yang tidak beracun. Alkaloid juga dijumpai pada dioscorea lainnya. Disamping itu umbi gadung juga mengandung sejumlah saponin yang sebagian besar berupa  dioscin yang bersifat racun.  Efek keracunan gadung mula-mula terasa tidak enak dikerongkongan, pening, kemudian muntah darah, terasa tercekik dan kepayahan (Deptan, 2012). Walaupun beracun ubi gadung juga bisa digunakan sebagai obat-obatan seperti obat kusta, penurun panas, mengurangi nyeri dan kencing manis inilah beberapa manfaat ubi gadung (Putra, 2011).

DAFTAR PUSTAKA
Anonim, 2011, Gadung, http://id.wikipedia.org, Diakses pada tanggal 15 April 2012.
Departemen Kehutanan, 2012, Umbi-Umbian (Gadung), http://ntb.litbang.deptan.go.id/ind/ infotek/gadung.pdf, Diakses pada tanggal 15 April, 2012.
Pahun, M., 2011, Wabah Kelaparan di Flores Barat, Warga Makan Ubi Beracun, http://regional. kompasiana.com/2011/10/03/wabah-kelaparan-di-flores-barat-warga-makan-ubi-beracun/, Diakses pada tanggal 15 April, 2012.
Taena, J., 2011, Warga Kota Waingapu, NTT Makan Ubi Hutan, http://m.tribunnews.com/ 2011/08/17/warga-kota-waingapu-ntt-makan-ubi-hutan, Diakses pada tanggal 15 April 2012.



3 komentar:

  1. asslamualaikum wr,wb..
    mau bertanya kak: pada varietas alang2, apakah ubi gadung jg bsa tumbuh,??????

    BalasHapus
  2. Tolong aku ingin mengetahui spesifikasi tanaman gadung hitam yang tumbuh diwilayah jawa barat.mohon di beri info tnq erwin jakarta pusat

    BalasHapus
  3. Penampung ubi hutan partai besar ada g' disini

    BalasHapus